Angin Puting Beliung Terjang 6 Wilayah di Blitar, 40 Warga Rusak

Umaya Khusniah · Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:35 WIB
Angin Puting Beliung Terjang 6 Wilayah di Blitar, 40 Warga Rusak
Warga dibantu petugas gabungan membersihkan sisa-sisa angin puting beliung yang merusak rumah mereka. (Foto: Dok iNews).

BLITAR, iNews.id - Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (7/2/2020) siang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan, musibah angin puting beliung ini mengakibatkan banyak kerusakan rumah warga dan sejumlah fasilitas lainnya.

"Ada 40 rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung," kata Agus dalam keterangannya, Sabtu (8/2/2020).

Dia mengatakan, data dari BPBD Kabupaten Blitar tercatat tiga rumah warga mengalami rusak berat, tiga rusak sedang dan 34 rusak ringan, khususnya di bagian atap. Selain itu ada tiga unit toko milik warga yang rusak ringan.

"Laporan lainnya, dua unit tower di sana juga mengalami rusak berat," ujar dia.

Sebelum diterjang angin puting beliung, kata dia, wilayah Kabupaten Blitar diterjang hujan lebat dan angin kencang. Ada enam kecamatan yang terdampak musibah tersebut, dan kini dalam penanganan petugas BPBD di lapangan.

Wilayah yang terdampak angin puting beliung berada di Kecamatan Wlingi, Talun, Doko, Kanigoro, Sanankulon dan Gandusari. Laporan yang diterima, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Petugas BPBD telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, dinas terkait, relawan dan masyarakat setempat untuk melakukan pendataan dan pembersihan wilayah secara gotong royong.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal