Angin Puting Beliung Landa 2 Desa di Mojokerto

Sholahudin ยท Senin, 23 Maret 2020 - 19:27 WIB
Angin Puting Beliung Landa 2 Desa di Mojokerto
Kondisi rumah yang rusak akibat angin puting beliung di Mojokerto, Jatim. (Foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.idAngin puting beliung menerjang Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) Senin (23/3/2020). Akibatnya, 50 hektare padi rusak, dua rumah ambruk dan puluhan lainnya rusak.

Dua desa di Kecamatan Puri, Mojokerto yakni Desa Medali dan Desa Banjarang Agung diterjang angin puting beliung. Dua rumah ambruk berada di Dusun Sumput, Desa Medali.

Salah satunya merupakan bangunan yang dijadikan industri rumahan sepatu. Tumpukan sepatu siap jual rusak terkena hujan.

Beruntung saat kejadian, dalam bangunan tidak ada karyawan sudah pulang sehingga tidak menjadi korban. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Salah satu warga yang rumahnya rusak, Suyitno mengatakan, rumahnya rusak di bagian atap dan genteng rontok. Angin tersebut datang bersamaan dengan hujan deras.

Angin datang dari arah barat dan langsung menerjang permukiman. Selama kurang lebih 10 menit angin kencang ini merusak rumah-rumah warga.

“Angin dari bawah ke atas dan langsung menyapu tiga rumah. Angin diikuti dengan hujan deras,” katanya.

Sementara di Desa Banjarang Agung, bangunan parkiran dan tembok Sekolah Dasar Banjar Agung sepanjang 50 meter ambruk. Beruntung saat kejadian, sekolah sedang diliburkan sehingga tidak memakan korban.

Petani juga terancam gagal panen lantaran angin kencang merusak padi. Padahal tanaman ini sudah menguning dan akan panen.


Editor : Umaya Khusniah