Angin Kencang Kembali Terjang Sumberbrantas Kota Batu, Ratusan Warga Mengungsi

Saif Hajarani ยท Minggu, 17 November 2019 - 21:00 WIB
Angin Kencang Kembali Terjang Sumberbrantas Kota Batu, Ratusan Warga Mengungsi
Ratusan warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengungsi ke Balai Desa Tulungrejo akibat bencana angin kencang, Minggu (17/11/2019). (Foto: iNews/Saif Hajarani)

KOTA BATU, iNews.id - Angin kencang kembali melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019). Bencana iu memaksa ratusan warga yang tinggal di lereng Gunung Arjuno mengungai ke tempat lebih aman.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito mengatakan, hingga saat ini, tercatat ada 240 warga yang mengungsi ke beberapa titik pengungsian.

“Warga yang mengungsi ini sebagian ditampung di Balai Desa Tulungrejo. Sebagian besar pengungsi ini wanita, orang tua, dan anak-anak,” katanya.

Dia mengatakan, ratusan warga yang mengungsi ini selain karena takut terjadi angina kencang juga karena rumah mereka rusak akibat bencana itu. “Ada 10 rumah warga yang rusak karena angin kencang,” ucapnya.

Meski kondisi angin kencang tidak separah beberapa waktu lalu, kata dia, BPBD tetap siaga dengan menempatkan personel di Desa Sumberbrantas. “Bila suasana telah kondusif direncanakan malam ini akan dilaksanakan pemulangan pengungsi ini,” ucapnya.

Angin kencang sebelumnya menerjang Desa Sumberbrantas pada 19 Oktober 2019 lalu. Saat itu puluhan rumah warga, gedung sekolah, dan fasilitas umum lainnya rusak.

Bencana itu juga menewaskan seorang warga dan memaksa 1.300 orang lainnya mengungsi selama tiga hari.


Editor : Kastolani Marzuki