Aksi Perusakan Tempat Ibadah Umat Hindu di Bromo, Polisi Selidiki Barang Bukti

Okezone ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 18:25 WIB
Aksi Perusakan Tempat Ibadah Umat Hindu di Bromo, Polisi Selidiki Barang Bukti
Polisi memasang garis pembatas di TKP kejadian. (Foto: Dok iNews).

PASURUAN, iNews.id - Polisi masih memeriksa bangunan Padmasna, tempat ibadah umat hindu di kawasan wisata Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), yang dirusak orang tak dikenal. Barang bukti berupa serpihan patung hingga sisa kain yang terbakar, sedang dikumpulkan dan diselidiki petugas.

Punden yang berlokasi di wilayah Tosari itu dirusak oleh orang tak dikenal pada Sabtu (7/12/2019) lalu. Bangunan setinggi tiga meter itu dihancurkan, dan sebagian barang lainnya dibakar.

"Masih diselidiki. Polisi pasti akan mendalami kasus ini untuk mencari tahu siapa pelakunya," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Kamis (12/12/2019).

BACA JUGA: Tempat Ibadah Umat Hindu di Bromo Dirusak, DPRD Jatim: Polisi Harus Usut Tuntas

Petugas sudah memeriksa TKP kejadian dan meminta keterangan saksi. Sejumlah barang bukti seperti serpihan patung hingga sisa kain yang terbakar juga dikumpulkan untuk diselidiki lebih lanjut.

Totalnya, ada dua bangunan yang dirusak orang tak dikenal. Pertama berada di lereng Gua Widodaren, dan yang kedua di lereng Widodaren. Keduanya masuk dalam bangunan baru, bukan bangunan sejarah.

Sebelumnya, bangunan Padmasana yang merupakan tempat umat Hindu melakukan persembahyangan atau menaruh sesajen dirusak orang tak dikenal. Mendapat laporan warga, polisi langsung datang ke lokasi kejadian dan melakukan olah TKP. Namun belum ada titik terang terkait siapa pelakunya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal