Aksi Balap Liar di Jombang Dibubarkan Linmas, Puluhan Pemuda Lari Kocar Kacir

Mukhtar Bagus ยท Senin, 27 April 2020 - 09:57 WIB
Aksi Balap Liar di Jombang Dibubarkan Linmas, Puluhan Pemuda Lari Kocar Kacir
Aksi balap liar di Jombang yang dibubarkan anggota linmas. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Puluhan pemuda yang tengah balap liar di Jombang, Jawa Timur (Jatim) dibuat lari tunggang langgang saat puluhan Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) membubarkan. Petugas Linmas menghadang pemuda bahkan menggunakan pentungan kayu, Minggu (26/4/2020) sore.

Aksi balap liar ini terjadi di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Para pemuda ini kerap melakukan balap liar jelang waktu buka puasa atau ngabuburit.

Sebagian pemuda lantas berusaha kabur meski sempat mendapat sabetan pentungan kayu petugas. Sementara sebagian yang lain berhasil diamankan.

Bahkan salah seorang petugas Linmas nyaris terlibat baku hantam dengan seorang warga. Dia memaksa agar petugas melepaskan pelaku balap liar yang baru ditangkap.

Kepala Desa Cukir, Agus mengatakan pihaknya geram dengan ulah para pemuda yang kerap balap liar di depan area parkir makam Gus Dur tersebut. Maka dari itu, dirinya sengaja mengerahkan puluhan anggota Linmasnya untuk membubarkan aksi balap liar tersebut.

“Aksi ini sudah sangat meresahkan warga dan juga para pengguna jalan. Jadi lanngkah ini diambil kareba berdasarkan laporan warga,” katanya.

Seluruh motor yang berhasil disita dan pemuda yang tertangkap kemudian dikumpulkan oleh petugas dan diserahkan pada aparat agar diberi sanksi tegas.

Sebelumnya, aksi balap liar yang diikuti pemuda dari berbagai kecamatan ini sudah sering dirazia polisi. Sayang mereka tak perah jera dan terus melakukan aksi tersebut. Agus berharap dengan tindakan kali ini, aksi balap liar tak ada lagi di desanya.


Editor : Umaya Khusniah