Akses Pembeli Ditutup Pagar Proyek, Pedagang Pasar Besar Ngawi Protes 

Asfi Manar · Rabu, 29 September 2021 - 13:09:00 WIB
Akses Pembeli Ditutup Pagar Proyek, Pedagang Pasar Besar Ngawi Protes 
salah seorang pedagang membentangkan poster bernada protes di depan kios yang tertutup oleh pagar pembatas proyek revitalisasi pasar, Rabu (29/9/2021). (Foto: iNews.id/Asfi Manar).

NGAWI, iNews.id - Proyek revitalisasi Pasar Besar Ngawi berimbas buruk bagi puluhan pedagang. Pasalnya, pelaksana proyek memasang pagar pembatas tepat di depan tempat mereka berjualan, sehingga menutup akses pembeli yang datang. Imbasnya, kios menjadi sepi. 

Tak hanya itu mereka juga mengeluhkan tempat relokasi baru yang disiapkan pelaksana proyek. Sebab, para pedagang sudah terlanjur membangun kios seperti yang ditempati saat ini. Sementara tidak ada kompensasi apa pun dari pelaksana proyek atas pemindahan kios mereka. 

Salah seorang pedagang, Imam Taufiq mengatakan, semula tempat relokasi diputuskan berada di samping pasar, seperti yang dia tempati saat ini. Namun, tanpa musyawarah, tempat relokasi tiba-tiba dipindah ke lokasi lain dan pagar pembatas proyek digeser. 

"Mereka tidak mengajak musyawarah. Tiba-tiba pagar pembatas proyek digeser mepet lapak hingga tidak ada akses untuk aktivitas jual beli" kata Taufiq, Rabu (29/9/2021). 

Taufik mengatakan, dia bersama para pedagang lainnya sebenarnya tidak mempersoalkan jika harus pindah ke tempat relokasi baru. Namun, setidaknya mereka ikut bertanggung jawab atas proses pemindahan itu. 

"Kami sudah habis banyak untuk membuat kios. Kalau harus pindah dan membongkar lagi kios ini tentu butuh biaya. Harusnya ada kompensasi," kata warga Jalan Trunojoyo ini. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: