Air Persawahan Meluap, Jalan Penghubung Banyuwangi-Jember Kebanjiran

Eris Utomo · Rabu, 23 Juni 2021 - 04:10:00 WIB
Air Persawahan Meluap, Jalan Penghubung Banyuwangi-Jember Kebanjiran
Pengendara motor nekat menembus banjir yang melanda jalan provinsi penghubung Kabupaten Banyuwangi dengan Jember. Banjir terjadi akibat air persawahan meluap setelah Banyuwangi diguyur hujan deras. (Foto: iNews/Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (23/6/2021) dini hari, mengakibatkan jalan provinsi penghubung Kabupaten Banyuwangi dan Jember, terendam banjir setinggi 50 sentimeter (cm). Air tersebut berasal dari luapan parit persawahan yang berada di tepi jalan.

Akibatnya, arus lalu lintas di ruas jalan yang berada di wilayah Desa/Kecamatan Kabat itu, terganggu. Bahkan, beberapa pengendara motor terjatuh akibat terseret arus deras luapan air parit persawahan. 

Tak sedikit pula motor yang mogok akibat pengendara nekat menerjang banjir. Mesin motor mati akibat terendam air. Untuk bisa selamat menembus banjir, pengendara motor berjalan pelan. Sebab, selain air, banjir juga membawa lumpur sehingga membuat jalan menjadi licin.

"Sampah yang menutup gorong–gorong parit di lokasi tersebut jadi pemicu air persawahan meluap hingga menutup badan jalan," kata Suwarso, pengguna jalan.

Meski hujan telah reda, namun pengendara kendaraan roda dua tidak berani melintas sebab air yang bercampur lumpur masih menutup ruas jalan. Untuk melanjutkan perjalanan, mereka memilih menunggu air surut.

Editor : Agus Warsudi