ABK Tewas Mendadak dalam Kamar Mandi Kapal, Petugas Periksa Penyebab Kematian

Pipiet Wibawanto ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 12:07 WIB
ABK Tewas Mendadak dalam Kamar Mandi Kapal, Petugas Periksa Penyebab Kematian
Mobil jenazah membawa ABK yang ditemukan tewas mendadak di kamar mandi kapal. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Seorang anak buah kapal (ABK) di Tuban, Jawa Timur (Jatim) ditemukan tewas mendadak di kamar mandi. Curiga disebabkan virus corona, tim inafis dan medis lengkap dengan alat pelindung diri (APD), mengevakusi jasad korban dari atas kapal untuk diperiksa dan uji laboratorium.

Muhamad Sugiono (37) asal Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) ditemukan tewas di kamar mandi Kapal Tug Boat PSL Bouldwin GT 172. Saat itu, kapal tengah bersandar di Pelabuhan PLTU Tanjung Awar-Awar di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Korban yang bekerja sebagai juru masak kapal ini sebelumnya dinyatakan sehat berdasarkan hasil medical chek up pada tanggal 3 Maret 2020. Dia pertama kali ditemukan rekan ABK bernama Margo Basuki dalam kamar mandi yang tertutup.

Kapolsek Jenu, AKP Rukimin mengatakan berdasar keterangan saksi, para rekan mencari korban sejak Selasa (24/3/2020) pagi, namun tidak menemukan. Namun saat dicari dalam kapal, korban ditemukan tewas dalam keadaan tanpa busana.

“Saat dievakuasi, petugas mengenakan APD lengkap dan jenazah juga disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Sementara terkait dugaan kematian korban, disebabkan oleh virus corona atau bukan, Rukimin mengatakan hal ini masih harus dilakukan penyelidikan. Maka dari itu, jenazah evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Koesma Tuban untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan autopsi.


Editor : Umaya Khusniah