7 Pasien Klaster Dokter Klinik di Nganjuk Positif Covid-19

Mukhtar Bagus ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 11:39 WIB
7 Pasien Klaster Dokter Klinik di Nganjuk Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

NGANJUK, iNews.id – Tujuh dari 53 warga yang reaktif dari rapid test di Kabupaten Nganjuk positif Covid-19. Mereka mantan pasien dokter S di sebuah klinik di Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, yang positif terjangkit corona.

Untuk mempercepat penanganan, ketujuh pasien positif tersebut telah dirujuk ke RSUD Nganjuk. Sedangkan puluhan warga yang sebelumnya reaktif, masih menunggu hasil tes swab dari dinas kesehatan setempat.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengatakan, ketujuh pasien tersebut terdeteksi sebagai klaster dokter S. Sebab, mereka sebelumnya pernah berobat dan melakukan kontak fisik dengan dokter tersebut.

“Sudah kita tracing, jadi semuanya pasien dari dokter S. Lima orang dari Kecamatan Ngronggot dan dua dari Kecamatan Pace. Jadi totalnya tujuh orang,” katanya Selasa (16/6/2020).

Novi mengatakan, saat ini Tim Covid-19 Nganjuk masih menunggu hasil tes swab untuk puluhan pasien reaktif lainnya. “Mudah-mudahan yang lain hasil tes swabnya negatif,” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 1.116 warga Kabupaten Nganjuk menjalani rapid test massal setelah seorang dokter positif Covid-19.

Berdasarkan tracing Tim Gugus Tugas Covid-19 Nganjuk, ribuan warga tersebut pernah berobat di klinik dan melakukan kontak fisik dengan dokter tersebut. Hasilnya, 53 orang reaktif dan harus menjalani isolasi dan tes swab.


Editor : Ihya Ulumuddin