59 Pasangan Nikah Massal di Surabaya, Pesertanya Muda-Mudi hingga Lansia

Antara ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 21:36:00 WIB
59 Pasangan Nikah Massal di Surabaya, Pesertanya Muda-Mudi hingga Lansia
Ilustrasi cincin nikah. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Kecerian dan kemeriahan terpancar di dalam Gedung Convention hall, Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Jatim, Rabu (18/12/2019). Dinas Sosial Surabaya hari ini menggelar nikah massal yang diikuti 59 pasangan pengantin.

Kepala Dinas Sosial Surabaya, Moh Suharto Wardoyo mengatakan acara nikah massal tersebut diikuti berbagai kalangan usia. Tak hanya pengantin baru, nikah massal tersebut juga diikuti banyak pasangan yang berstatus menikah siri. Bahkan sebagian besar peserta mengikuti sidang isbat nikah tahap III dan sudah memiliki anak serta cucu.

Suharto mengatakan nikah massal digelar rutin setiap tahun oleh Dinas Sosial Surabaya. Dia menjelaskan nikah massal digelar sebagai upaya memberikan edukasi mengenai pentingnya nikah secara resmi. Selain itu juga untuk mempermudah masyarakat mendapatkan dokumen nikah yang sah secara hukum.

“Masyarakat Surabaya diketahui banyak yang mengalami kesulitan dalam mengurus surat menyurat. Oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya menggelar acara ini. Acara ini juga bertujuan melegalitas pasangan yang belum memiliki akta nikah,” ujarnya.

Salah satu pasangan nikah dengan usia tertua adalah Suyatno (61) dan Susilowati (54). Warga Jalan Tambak Asri tersebut diketahui telah menikah siri sejak 1996. Pasangan ini mengaku belum mempunyai akta nikah yang sah. Saat ini, pasangan tersebut telah dikaruniai lima orang anak dengan usia paling tua 23 tahun.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang telah memberikan fasilitas. Saya berharap masa depan anak-anak saya bisa lebih baik dalm hal sekolah dan kerja," kata Suyatno.

Melihat jumlah peserta yang besar, acara nikah massal itu berlangsung meriah. Acara itu juga diwarnai dengan beberapa lomba seperti fashion show dan rias pengantin.

Editor : Rizal Bomantama