50.000 Biji-Bijian Disebar di Gunung Bancak Magetan sebagai Sarana Penghijauan

Antara · Rabu, 12 Februari 2020 - 08:44:00 WIB
50.000 Biji-Bijian Disebar di Gunung Bancak Magetan sebagai Sarana Penghijauan
Relawan menggunakan ketapel untuk melempar biji-bijian dalam hutan Gunung Bancak, Magetan, Jatim. (Foto: Antara)

MAGETAN, iNews.id – Sebanyak 50.000 biji-bijian berbagai tanaman disebar di Gunung Bancak, Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim). Kegiatan ini dilakukan oleh berbagai kalangan di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, TNI, Polri, relawan dan masyarakat.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai sarana penghijauan di lokasi tersebut. Berbagai biji yang disebar di antaranya biji asam jawa, sirsak, kelengkeng, mahoni, dan lainnya.

“Lokasi penyebaran sulit dijangkau, maka dari itu penyebaran biji-bijian dilakukan menggunakan ketapel agar bisa menyebar lebih jauh,” katanya, Selasa (11/2/2020).

Sebelum mulai menyebarkan biji-bijian, semua tim berjalan kaki menyusuri jalan setapak di sejumlah lokasi bekas kebakaran hutan.

Salah satu relawan, Bella Pertiwi, mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam kegiatan penyelamatan lingkungan hidup.”Kegiatan ini positif. Tujuannya adalah untuk mencegah bencana alam yang rawan terjadi," kata Bella.

BPBD mencatat wilayah Kabupaten Magetan sangat rawan terjadi bencana hidrometeorologi saat musim hujan. Mulai dari angin kencang, banjir, banjir bandang, maupun tanah longsor. Sedangkan saat musim kemarau sangat rawan terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

BPBD Magetan mengajak masyarakat untuk ikut peduli dan menjaga keseimbangan lingkungan. Di antaranya dengan banyak menanam pohon, tidak membuang sampah di sungai serta sembarang tempat, dan sebagainya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: