5 Terduga Teroris di Blitar Berencana Rampok Bank dan Serang Polsek

Robby Ridwan ยท Kamis, 14 Juni 2018 - 13:57 WIB
5 Terduga Teroris di Blitar Berencana Rampok Bank dan Serang Polsek
Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Polisi masih berjaga-jaga di rumah kontrakan NH (42), dokter umum terduga teroris yang ditangkap bersama dua rekannya SZ dan AM, Kamis (14/6/2018. Selain ketiganya, Densus 88 Antiteror juga menangkap HW dan KT di dua rumah berbeda di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/6/2018).

Pantauan iNews, di dua lokasi rumah tersebut, masih tampak sejumlah anggota Densus 88 yang lakukan penggeledahan, serta dijaga ketat aparat Polres Blitar. Hasilnya, polisi menemukan satu pucuk senjata api (senpi) dengan sembilan butir peluru di rumah dokter NH, di Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun.

Selain itu, polisi juga temukan secarik kertas yang diduga rencana terduga teroris melakukan aksi teror. Mereka merencanakan merampok salah satu bank dan merampas senpi milik polisi. Aksi rencana itu tertulis tanggal 19 Juni.

Sementara di rumah terduga teroris lainnya, KT (52) warga Desa Bening, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Polisi juga lakukan penggeledahan dan pengamanan.

Penuturan Nur, seorang kerabatnya mengungkapkan, dia sama sekali tidak menyangka jika KT ditangkap atas tuduhan teroris. Dia mengatakan, KT dan istrinya baru datang kembali ke rumah mereka sejak awal Ramadan dari perantauan. Namun dia memang mengakui ada perubahan sikap dari kerabatnya tersebut.


“Semenjak pulang dari merantau, KT dan istrinya menjadi pribadi yang pendiam dan jarang berinteraksi dengan warga,” ucap Nur.

Diketahui, kelima terduga teroris itu ditangkap dalam penggerebekan Densus 88 di tiga tempat kejadian perkara (TKP) berbeda. Kelimanya yakni AR, SZ, NH, HW, dan KT. Mereka diduga tergabung dalam jaringan Jamaah Ansorut Daulah (JAD) wilayah Blitar dan Malang.


Editor : Donald Karouw