5 Pelajar Bolos Sekolah di Probolinggo Terjaring Razia, Dihukum Baca Istighfar

Hana Purwadi ยท Selasa, 19 November 2019 - 12:18 WIB
5 Pelajar Bolos Sekolah di Probolinggo Terjaring Razia, Dihukum Baca Istighfar
Pelajar di Probolinggo yang kedapatan membolos saat jam sekolah ditangkap Satpol PP, Selasa (19/11/2019). (Foto: iNews.id/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Sebanyak lima pelajar di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berhasil dijaring Satpol PP setempat lantaran ketahuan merokok dan minum minuman keras di warung saat jam sekolah. Mereka dibina dengan diperintahkan untuk hormat bendera, push up dan baca istighfar 100 kali sambil berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Kelima pelajar ini ditangkap di area sentra PKL di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (19/11/2019) siang.

Awalnya, ada satu pelajaran yang kedapatan membolos di ruang depan warung. Namun setelah seluruh area PKL disisir, petugas menemukan empat pelajar lain di dalam bilik warung. Pelajar ini selanjutnya dibawa ke Makopol PP untuk didata dan mendapatkan binaan.

BACA JUGA: Bolos Sekolah, 13 Pelajar Diamankan Satpol PP saat Nongkrong di Warung

Kabid Trantib Pol PP, Hariyanto mengatakan razia ini berawal dari informasi masyarakat kalau di kawasan sentra PKL sering digunakan pelajar untuk bolos sekolah. Mereka bahkan tidak hanya merokok namun juga pesta minuman keras.

“Tadi ada laporan dari masyarakat melalui call center tentang ada pelajar yang membolos lalu kami datangi dan mereka sebagian mengaku keluar sekolah tanpa izin,” katanya.

Hariyanto menambahkan, beberapa siswa ada yang minta izin tapi mengelabui gurunya. Siswa mengaku keluar untuk membeli perlengkapan sekolah ternyata membeli minuman sambil merokok.

Dia mengimbau masyarakat luas untuk lebih memperhatikan putranya saat bersekolah. Menurutnya, karena kurang perhatian, mereka yang berpamitan sekolah justru bolos di saat jam pelajaran.


Editor : Umaya Khusniah