449 Jemaah Kloter I Debarkasi Surabaya asal Magetan Tiba di Tanah Air

Pramono Putra ยท Minggu, 18 Agustus 2019 - 08:59 WIB
449 Jemaah Kloter I Debarkasi Surabaya asal Magetan Tiba di Tanah Air
Sejumlah jamaah rombongan kloter I asal Magetan yang langsung sujud syukur saat tiba di Bandara Juanda. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SURABAYA, iNews.id – Sejumlah 449 jamaah haji kloter 1 debarkasi Surabaya yang berasal dari Magetan, Jawa Timur (Jatim) tiba di Bandara Juanda, Minggu pagi (18/8/2019) pagi. Sementara seorang jamaah terpaksa ditinggal di Madinah lantaran kelelahan dan dirawat di rumah sakit setempat.

Sementara tiga lainnya yang juga sakit telah diperkenankan pulang dan langsung dibawa ke RS Haji Sukolilo, Surabaya untuk menjalani observasi dan perawatan.

Pantauan iNews, ratusan jamaah ini tiba di Tanah Air dengan pesawat Saudi Arabia Airlines. Begitu turun, beberapa di antaranya tampak langsung sujud syukur di Apron Bandara Juanda.

Berbeda dengan keberangkatan, saat kedatangan ini petugas menambah jumlah kursi roda bagi jamaah yang. Ada 12 kursi roda yang disediakan untuk mereka yang kelelahan saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Jumlah jamaah kloter I yang sakit ada tiga orang dan satu terpaksa ditinggal. Total semua ada 449 jemaah, termasuk dengan petugas kesehatan,” ujar tenaga Dokter pendamping Kloter 1 Debarkasi Surabaya Yunita, Minggu (18/8/2019).

Selanjutnya ratusan rombongan ini dibawa ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Mereka akan kembali menjalani pemeriksaan dan kemudian dipulangkan ke daerah masing-masing.


Editor : Donald Karouw