44 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19, 352 Lainnya Reaktif

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 29 Juni 2020 - 20:48 WIB
44 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19, 352 Lainnya Reaktif
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) yang positif Covid-19 terus bertambah menjadi 44 orang. Ada tambahan 15 dari sebelumnya hanya 29 orang.

“Hasil rapid test untuk sebagian ASN Pemrov Jatim, 396 orang dinyatakan reaktif. Sedangkan yang positif 44 orang. Ada tambahan 15 orang,” kata Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono seusai Paripurna di DPRD Jatim, Senin (29/6/2020).

Heru menduga, tambahan itu terjadi karena kontak fisik antarpegawai. Sebab, rata-rata ASN yang positif tersebut berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Heru tidak menjelaskan lebih rinci asal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) para ASN positif tersebut. Dia hanya memastikan bahwa masing-masing bidang yang personelnya positif Covid-19 akan ditutup selama 14 hari.

“Bagi yang terindikasi positif maka bidang tersebut harus WFH (Work From Home) selama 14 hari,” kata mantan Bupati Tulungagung itu.

Heru mengatakan, jumlah total ASN di Pemrov Jatim mencapai 70.000 orang. Namun, baru sekitar 15 persen yang telah mengikuti rapid test. “Kami terus lanjutkan rapid test untuk ASN lainnya,” katanya.

Terkait kondisi Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso yang sebelumnya reaktif, Heru memastikan telah sembuh. “Pak Kohar sehat. Untuk tes swab yang pertama memang arahnya hampir demikian (Covid-19). Namun, pada tes swab kedua hasilnya negatif,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan, hasil tes swab dr Kohar masih belum pasti dan masih akan dites dalam waktu dekat.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, hasil swabnya masih borderline. Jadi kalau positif Covid-19, angka yang terbaca di mesin PCR adalah 30-an, tapi hasil tes beliau adalah 26-an,” katanya melalui pesan singkat.


Editor : Ihya Ulumuddin