400 Personel Gabungan Siap Amankan Sidoarjo saat Pelantikan 20 Oktober

Yoyok Agusta ยท Jumat, 18 Oktober 2019 - 11:05 WIB
400 Personel Gabungan Siap Amankan Sidoarjo saat Pelantikan 20 Oktober
Pengamanan polisi di Sidoarjo. (Foto: iNews/Yoyok Agusta).

SIDOARJO, iNews.id - Sebanyak 400 personel dari TNI - Polri serta jajaran petugas di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), akan mengamankan jalannya pelantikan presiden - wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) besok. Petugas akan bertindak tegas jika ada pihak yang mencoba menganggu jalannya momentum sakral kenegaraan tersebut.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, sebanyak 400 personel gabungan akan diturunkan di titik-titik rawan. Di antaranya pasar-pasar, terminal, stasiun, alun-alun hingga GOR.

"Anggota akan bersiap siaga di area-area tersebut untuk meminimalisasi gangguan-gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat saat pelantikan berlangsung," kata Zain kepada wartawan usai melangsungkan gelar pasukan di Mapolresta Sidoarjo, Jatim, Jumat (18/10/2019).

Pasukan yang diterjunkan juga tak hanya mengamankan secara terbuka. Di antara mereka, kata Zain, ada petugas yang berpakaian preman. Selain optimalisasi pasukan, pihaknya juga menyiapkan satu unit mobil water canon dan mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa.

Menurut dia, personel gabungan tersebut akan mengedepankan tindakan preventif dan preemtif dalam melakukan pengamanan. Namun bila ada gangguan yang dinilai sudah kelewat batas, polisi tak segan-segan melakukan tindakan tegas yang terukur sesuai prosedur.

"Tapi kami akan mengedepankan upaya preventif dan preemtif," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal