4 Maling dan Penadah di Malang Kota Dibekuk, 2 Ditembak Polisi

Deni Irwansyah ยท Kamis, 17 September 2020 - 09:11 WIB
4 Maling dan Penadah di Malang Kota Dibekuk, 2 Ditembak Polisi
Pelaku pencurian motor terekam kamera CCTV di Kota Malang. (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id - Empat orang yang merupakan komplotan maling motor dan penadah di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi. Dua di antaranya yang juga residivis terpaksa mendapat tindakan tegas terukur karena melawan saat akan dibekuk.

DWD dan MY ditangkap di persembunyiannya dalam hotel di Pandaan. Waega Pausuran ini terpaksa ditembak karena melawan dan mencoba kabur saat ditangkap.

Dari penangkapan keduanya, polisi lantas berhasil menangkap dua penadah yang juga warga Pasuruan, OS dan MAT.

Keempat pelaku mengaku telah 10 kali beraksi di Kota Malang dalam sebulan terakhir. Namun polisi baru berhasil mengamankan lima barang bukti sepeda motor hasil kejahatan mereka.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan penangkapan para tersangka ini berdasarkan rekaman CCTV di salah satu TKP. Aksi dan wajah pelaku terekam kamera sehingga memudahkan anggota Satreskrim Polresta Malang Kota menangkapnya.

"Lokasi pencurian yang terekam kamera CCTV berada di Jalan BS Riyadi, Gang 8, Kota Malang.
Video pencurian ini sempat viral," katanya, Rabu (16/9/2020).
 

Dia mengatakan, modus pencurian komplotan ini cukup unik lantaran bukan menyasar perumahan mewah, justru di perkampungan sempit. Sepeda motor warga  tidak bisa dimasukkan ke dalam rumah dan terpaksa diparkir di gang kampung.

Para pelaku dikenai Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima hingga 12 tahun penjara. Sedangkan bagi penadah dikenai Pasal 481 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah