4 Hari Terendam Banjir, Warga di Sidoarjo Terserang Gatal dan Diare

Yoyok Agusta ยท Senin, 01 Juni 2020 - 20:30 WIB
4 Hari Terendam Banjir, Warga di Sidoarjo Terserang Gatal dan Diare
Banjir menggenangi rumah warga di Sidoarjo sejak empat hari terakhir.(foto: Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id - Ratusan rumah di Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo terendam banjir. Selain menganggu aktivitas warga, banjir ini juga membuat warga terserang gatal-gatal dan diare.

Informasi yang dihimpun, banjir semula terjadi karena laut pasang pada Kamis (28/5/2020) lalu. Saat itu air masuk ke dalam rumah hingga setinggi mata kaki. Namun, setelah hujan turun dua jam, banjir semakin tinggi.

“Sudah empat hari ini banjir tak juga surut. Debit air malah naik dan masuk ke rumah. Akibatnya banyak warga yang gatal-gatal dan diare,” kata salah seorang warga Kedung Banteng, Lukman Arif, Senin (1/6/2020).

Lukman mengatakan, banjir di dua desa tersebut merendam lebih dari 200 rumah warga. Tinggi debit air bervariasi, mulai dari betis hingga lutut orang dewasa. “Warga tidak bisa berbuat banyak, selain menunggu air surut,” katanya.

Karena itu, dia berharap pemerintah daerah segera turun tangan, minimal untuk membantu warga yang terkena gatal dan diare. Sebab, sejak banjir terjadi empat hari lalu, belum satupun aparat pemerintahan yang datang.

Diketahui, empat bulan lalu, banjir juga terjadi di dua desa ini. Air bahkan menggenangi rumah hingga dua bulan.


Editor : Ihya Ulumuddin