35 Bayi dari Ibu Positif Covid-19 di RSU Dr Soetomo Bebas Corona

Rahmat Ilyasan ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 10:21 WIB
35 Bayi dari Ibu Positif Covid-19 di RSU Dr Soetomo Bebas Corona
ilustrasi bayi: iNews.id/istimewa

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 35 bayi dari ibu yang terjangkit Covid-19 di RSU Dr Soetomo lahir dengan selamat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh bayi tersebut juga negatif, tidak terpapar Covid-19.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuadi mengatakan, jumlah ibu hamil yang terpapar Covid-19 di Jatim meningkat drastis, utamanya yang menjalani proses persalinan di RSU Dr Soetomo. Namun, pihaknya bersyukur, sebab, seluruh bayi yang dilahirkan terkonfirmasi negatif.

“Terutama di bulan Juni, jumlahnya mencapai 35 orang. Semuanya positif Covid-19. Namun ajaib, semua bayinya negatif,” katanya, Senin (29/6/2020) malam.

Joni mengatakan, proses persalinan ibu hamil dengan Covid-19 memang berbeda dengan persalinan biasa. Selain ditempatkan di ruang khusus, prosesnya juga harus dipastikan steril dari virus. Ini untuk mengantisipasi penularan dari ibu kepada bayinya.

“Begitu lahir, bayi juga langsung dipisahkan dari ibunya. Ditempatkan di ruang berbeda. Bahkan, bayinya juga boleh dipulangkang lebih dulu. Dan kami bersyukur, semua bayinya negatif,” katanya.

Joni mengatakan, dari 35 ibu hamil positif Covid-19 dan menjalani proses persalinan di RSU Dr Soetomo, kini masih ada tujuh orang yang menjalani perawatan. Sementara sisanya sudah diperbolehkan pulang karena telah sembuh.

Joni mengatakan, atas banyaknya ibu hamil yang terpapar Covid-19, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menentukan rumah sakit rujukan utama ibu hamil positif Covid-19. Hasilnya, rumah sakit yang ditunjuk yakni Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi (RSPTI) milik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.


Editor : Ihya Ulumuddin