3 Penumpang KM Santika Nusantara Belum Ditemukan, Operasi SAR Gabungan Berlanjut

Ihya' Ulumuddin ยท Rabu, 28 Agustus 2019 - 15:57 WIB
3 Penumpang KM Santika Nusantara Belum Ditemukan, Operasi SAR Gabungan Berlanjut
Rapat evaluasi Tim SAR Gabungan di hari ketujuh pencarian di Kantor SAR Surabaya, Jatim, Rabu (28/8/2019). (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Tiga penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), pekan lalu belum ditemukan. Hasil evaluasi tim SAR gabungan, tiga penumpang tersebut diperkirakan masih di bangkai kapal.

“Hingga hari ketujuh pencarian, sudah 311 orang yang berhasil dievakuasi. Sebanyak 308 ditemukan selamat dan tiga orang meninggal. Sementara tiga orang lagi masih dalam pencarian,” kata SMC (SAR Mission Coordinator) Prasetya Budiarto, Rabu (28/8/2019).

Prasetya mengatakan, operasi SAR terhadap KM Santika Nusantara masih terus dilakukan. Upaya ini berdasarkan instruksi kepala Basarnas pusat. “Operasi terus berlanjut sampai kapal berhasil dibawa ke perairan Gresik untuk dilakukan pemadaman dan penyisiran. Ini untuk memastikan ada-tidaknya korban di dalam kapal,” katanya.

BACA JUGA:

Seluruh Penumpang KM Santika Nusantara Telah Dievakuasi, 306 Selamat 3 Tewas

Masih Keluarkan Asap, KM Santika Nusantara Belum Dievakuasi

Prasetyo menjelaskan, posisi bangkai KM Santika Nusantara sudah diketahui. Saat ini tim masih menunggu api padam untuk proses evakuasi. Nantinya, kapal akan diderek tug boat dari Banjarmasin menuju Gresik.

“Sampai saat ini kami juga masih membuka posko. Hanya saja tempatnya dipindah. Semula di GSN Tanjung Perak, dipindahkan ke Kantor SAR Surabaya di Juanda,” katanya.

Diketahui, Kamis (22/8/2019) lalu KM Santika Nusantara rute Surabaya-Balikpapan terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep. Sebanyak 308 orang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat sedangkan tiga orang ditemukan dalam kondisi meninggal.


Editor : Maria Christina