3 Pengedar Tembakau Gorila Online Ditangkap di Surabaya

Hari Tambayong ยท Senin, 30 Maret 2020 - 18:21 WIB
3 Pengedar Tembakau Gorila Online Ditangkap di Surabaya
Penangkapan 3 pengedar tembakau gorila di Jatim. (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Tiga pemuda pengedar ganja sintetis atau tembakau gorila ditangkap jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur (Jatim). Dari ketiganya polisi mengamankan 40 kilogram tembakau gorila asal Cimahi, Jawa Barat (Jabar).

Ketiga pengedar yakni FP dan SR, warga Sidoarjo dan NL warga Surabaya nekat menjual tembakau gorila melalui sistem online ke Jawa dan Bali. Untuk menarik minat pembeli, ketiganya berdalih jika tembakau ini dapat meningkatkan stamina dan imunitas tubuh.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko mengatakan, penangkapan berawal dari pengiriman di salah satu perusahaan ekspedisi di kawasan bandara. Setelah dikembangkan, polisi berhasil menyita tembakau gorila dari dua rumah pelaku di Surabaya dan Sidoarjo.

“Mereka berdalih, tembakau ini dapat meningkatkan stamina, gairah seks dan juga sistem imun,” katanya, saat ekspos kasus di Mapolda Jatim, Senin (30/3/2020).

Kepada polisi, salah satu pelaku mengatakan, mereka tidak memproduksi tembakau gorila ini. Mereka hanya mengemas dan menjualnya kembali melalui online.

Saat ini, polisi masih memburu penyuplai tembakau gorila tersebut. Para tersangka dijerat dengan Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah