3 Pelajar SMA Muhammadiyah Sidoarjo Sukses Ciptakan Prototipe Smart Parking

Ihya Ulumuddin, Yoyok Agusta ยท Rabu, 28 Agustus 2019 - 19:31:00 WIB
3 Pelajar SMA Muhammadiyah Sidoarjo Sukses Ciptakan Prototipe Smart Parking
Tiga pelajar SMA Muhammadiyah Sidoarjo mempraktikkan cara kerja smart parking, Rabu (28/8/2019). (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id – Tiga pelajar SMA Muhammadiyah Sidoarjo sukses menciptakan prototipe alat Smart Parking. Smart Parking adalah sistem pemrograman yang bisa mendeteksi lokasi parkir. Melalui alat tersebut, pengguna kendaraan bisa dengan mudah mengetahui titik lokasi parkir, cukup dengan menekan sebuah tombol sensor.

Ketiga pelajar tersebut yakni, M Sholikhuddin, Firzatullah Ramadhani, dan Syah Tanaya. Ketiga siswa kelas 11 jurusan MIPA ini memberi nama karya inovasinya Sarmation atau smart parking based on navigation.

“Begitu masuk di pintu parkir, pengguna parkir sudah tahu, lokasi mana yang kosong. Jadi ada tombol navigasi yang secara otomatis bekerja dan mengarahkan mereka,” kata salah seorang perancang prototipe smart parking, Sholikhuddin, Rabu (28/8/2019).


Prototipe smart parking ini, kata Sholukhuddin sudah diperlombakan dalam kompetisi AMICTA 2019 di Yogyakarta. Ini kompetisi tahunan yang diselenggarakan Universitas Amicom Yogyakarta. “Alhamdulillah dapat juara pertama,” katanya.

Sholekhudin mengatakan, ide pembuatan alat Smart Parking bermula dari kesulitan pengguna kendaraan dalam mencari lokasi parkir di sebuah gedung. “Kadang mereka harus antre lama. Setelah itu, mereka masih bingung mencari lokasi parkir yang kosong,” katanya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Sidoarjo, Wigatiningsih mengaku bangga atas prestasi anak didiknya. Dia berharap prototipe tersebut bisa dikembangkan dan menjadi solusi atas sulitnya mencari lokasi parkir.

“Ini akan kami kembangkan terus. Harapan kami bisa segera dipatenkan. Syukur-syukur ada pihak yang mau menfasiltasi untuk mengaplikasikan inovasi ini,” katanya.

Editor : Maria Christina