272 Warga Bojonegoro Terserang DBD, 2 Meninggal Dunia

Dedi Mahdi ยท Jumat, 30 September 2022 - 16:02:00 WIB
272 Warga Bojonegoro Terserang DBD, 2 Meninggal Dunia
Salah satu penderita DBD tengah menjalani perawatan di rumah sakit. (Foto: iNews.id/Dedi Mahdi).

BOJONEGORO, iNews.id – Sebanyak 272 warga Bojonegoro teserang Demam Berdarah Dengue (DBD), dua di antaranya meninggal dunia. Kasus tersebut terjadi sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2022 dan diperkirakan terus bertambah di bulan September yang masih proses rekapitulasi. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro dr Whenny Dyah mengimbau agar masyarakat terus waspada. Sebab, serangan nyamuk aedes aegypti ini tidak mengenal musim.

"Selama masih ada sarangnya, seperti lingkungan yang tidak bersih atau ada endapan air, di situ nyamuk berkembang biak. Rata-rata yang terserang anak-anak, usia 8-15 tahun," tuturnya, Jumat (30/9/2022).

Untuk mencegah penyebaran, saat ini Dinkes Bojonegoro mengerahkan petugas juru pemantau jentik (Jumantik) untuk memantau kebersihan rumah-rumah warga. Selain itu petugas juga melakukan fogging di sejumlah lokasi yang terdapat warga terjangkit DBD, seperti di Desa Kauman Kecamatan Kota Bojonegoro.

"Kemarin baru ada anak usia 5 tahun yang meninggal, setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit akibat DBD,” kata Hutomo salah satu warga Kauman. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: