250 Delegasi B20 Kunjungi PIER Jelang G20, Dirut: Momen Spesial Tarik Investor

iNews ยท Jumat, 16 September 2022 - 14:37:00 WIB
250 Delegasi B20 Kunjungi PIER Jelang G20, Dirut: Momen Spesial Tarik Investor
Dirut SIER Didik Prasetiyono (dua dari kanan) saat persiapan kunjungan delegasi B20. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 250 delegasi Forum B20 atau Business 20 dari berbagai negara akan berkunjung ke Pasuruan Industrial Estate Rungkut (SIER), Sabtu (17/9/2022). Mereka akan melihat langsung perkembangan industri sekaligus iklim investasi di Jatim dan Indonesia. 

Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono, mengatakan, kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia. Menurutnya, kehadiran delegasi B20 di PIER merupakan momentum strategis untuk memperkenalkan kemajuan pengelolaan kawasan industri Indonesia kepada publik internasional.

“Indonesia mengalami lompatan besar dalam pengelolaan kawasan industri, dan itu yang akan ditunjukkan kepada delegasi B20 dari berbagai negara. Sehingga momen B20 menjadi akselerator untuk menarik sebanyak mungkin investor masuk ke kawasan-kawasan industri di Indonesia, khususnya PIER,” ujar Didik, Jumat (16/9/2022).

Didik menjelaskan, SIER secara khusus telah membentuk tim untuk menyiapkan kegiatan B20 di PIER. “Kami sangat siap menyambut para delegasi B20 ke PIER. Kami telah memiliki sejumlah rencana untuk memperlihatkan bagaimana strategisnya PIER sebagai kawasan industri di Jawa Timur, sehingga layak menjadi destinasi favorit untuk berinvestasi," ujar Didik.

SIER merupakan kawasan industri terintegrasi yang modern dan berkelanjutan. SIER adalah perusahaan yang mengelola PIER dengan luasan lahan lebih dari 563 hektare. Selain PIER, SIER mengelola kawasan industri 245 hektare di Rungkut (Surabaya), serta 87 hektare di Berbek (Sidoarjo).

"Kami akan mengajak delegasi B20 bersama perwakilan konsuler jenderal negara sahabat yang kami undang untuk berkeliling kawasan PIER, termasuk ke tempat pengolahan limbah yang kami kelola secara modern,” tuturnya. 

Didik mengatakan, pihaknya menaruh perhatian khusus pada pengolahan limbah sebagai faktor pendukung utama terciptanya kawasan industri yang berkelanjutan. Pengolahan limbah di kawasan yang dikelola SIER termasuk yang terbaik yang dimiliki holding BUMN Danareksa.

“Di Jawa Timur, kami yang terbesar dalam kapasitas pengolahan limbah cair. Di PIER dengan kapasitas 14.000 meter kubik per hari, dan di kawasan Rungkut 10.000 meter kubik per hari," tuturnya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: