2.000 Guru Olahraga se-Jawa Timur Ikuti Pelatihan Basket dari Pelatih Jr NBA

Ihya Ulumuddin · Senin, 10 Februari 2020 - 17:04:00 WIB
2.000 Guru Olahraga se-Jawa Timur Ikuti Pelatihan Basket dari Pelatih Jr NBA
Para pelatih NBA Jr Asia mengajarkan teknik bermain basket di hadapan ribuan guru olahraga di Surabaya, Jatim, Senin (10/2/2020). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Sedikitnya 2.000 guru olahraga dari 10 se-kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) mengikuti Akademi Pelatih Jr NBA Asia di Gedung Olahraga (GOR) Kertajaya, Surabaya, Senin, (10/2/2020). Guru tersebut mulai dari pengajar di tingkat TK, SD, SMP, dan SMA.

Para guru olahraga ini mendapatkan pelatihan basket secara dasar dari pelatih Jr NBA, mulai dari pergerakan tanpa bola da dribble. Kemudian, beberapa aspek dalam teknik satu lawan satu dan bermain bertahan. Selain itu, ada juga teknik bertahan, menyerang, dan cara menembak yang tepat.

Para guru begitu antusias mengikuti gerakan yang diperagakan oleh pelatih dari Jr NBA Asia, Natalia Andre. Natalia juga terlihat sangat bersemangat menjawab pertanyaan dan memeragakan beberapa gerakan olahraga basket pada para peserta.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jatim Supratomo mengapresiasi kegiatan kepelatihan yang digagas Jr NBA Asia tersebut. Dia berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi para pemuda atau siswa-siswa untuk lebih tertarik pada olahraga basket dan tidak perlu minder karena tinggi badan.

Melalui pelatihan, pihaknya berharap para guru olahraga bisa belajar bersama teknik-teknik dan bisa diajarkan ke para siswa.

“Tentu banyak pelajaran yang didapat dari bermain basket, seperti sportivitas dan kerja tim. Soft skill, keteguhan dan ketekunan. Kalau anak sering berolahraga, tentu jiwa tersebut masuk ke anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Jr NBA Asia, Natalia Andre mengatakan, pihaknya akan mengunjungi beberapa sekolah secara bergilir. Mereka akan mengajari langsung pada para siswa tentang beberapa teknik dalam basket.

“Kami pernah datang ke indonesia. Semangatnya luar biasa. Hari ini kami berkunjung lagi ke sini,” katanya.

Diketahui, akademi pelatih Jr NBA Asia bertujuan untuk semakin mengembangkan olah raga basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan, dan pengondisian tubuh dan pendidikan basket.


Editor : Maria Christina