2 Residivis asal Surabaya Bobol Rumah Makan di Sidoarjo, Brankas Dibawa Kabur

Yoyok Agusta ยท Kamis, 24 September 2020 - 15:50 WIB
2 Residivis asal Surabaya Bobol Rumah Makan di Sidoarjo, Brankas Dibawa Kabur
Dua pelaku pencurian brankas rumah makan siap saji di Surabaya. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id - Dua residivis kambuhan asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dibekuk personel Satreskrim Polresta Sidoarjo lantaran membobol restoran siap saji. Kedua pelaku membawa kabur sebuah brankas berisi uang Rp10 juta dan handphone.

Tato dan Sugianto ditangkap di sebuah kos di Surabaya usai mencuri di sebuah rumah makan siap saji di daerah Gedangan, Sidoarjo. Setelah mengambil uang, brankas dibuang ke sungai.

Wakil Kepala Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo, AKP Imam Yuwono mengatakan,  perisitiwa pembobolan ini diketahui karyawan restoran siap saji saat masuk kerja. Mereka mendapati kondisi pintu toko telah rusak bekas dibuka paksa.

Saat masuk ke dalam restoran, kondisi ruangan sudah berantakan. Sementara brankas penyimpanan uang hasil jualan dan gaji karyawan raib.

Karyawan langsung melaporkan kejadian  ke polisi. Tak lama kemudian, petugas tiba dan olah TKP.

"Dari hasil laporan, kami segera tindak lanjuti. Sesuai ciri-ciri pelaku di CCTV, kami lakukan pengejaran dan pelaku berhasil ditangkap di Surabaya," katanya, Kamis (24/9/2020).

Dia menambahkan, kedua pelaku merupakan residivis kasus pencurian spesialis rumah kosong dan brankas. Mereka baru saja bebas sekitar satu tahun lalu.

Selain mengamankan kedua pelaku, polisi juga mengamankan dua unit handphon hasil curian dan dua linggis sebagai alat saat beraksi. Sedangkan brankas yang dibuang kedua pelaku di Sungai Rungkut masih dalam pencarian polisi.

Pelaku menggunakan uang hasil curiannya untuk berfoya foya. Kini kedua pelaku mendekam di balik jeruji besi Mapolresta Sidoarjo.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah