182 Objek Wisata di 19 Daerah di Jatim Mulai Beroperasi

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:00 WIB
182 Objek Wisata di 19 Daerah di Jatim Mulai Beroperasi
ilustrasi ojek wisata Bromo

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 182 objek wisata di 19 daerah di Jawa Timur (Jatim) mulai beroperasi. Ke-19 daerah tersebut meliputi Kabupaten Blitar, Magetan, Ponorogo, Kota Madiun, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Lamongan.

Selain itu Kabupaten Tuban, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Banyuwangi, Bondowoso, Kota Probolinggo dan Gresik.

“Di jatim ada 969 objek wisata, 182 di antaranya sudah beroperasi. Objek wisata ini tersebar di 19 kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarta, Selasa (4/8/2020).

Sinatra menyebut, jumlah wisatwan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata tersebut juga cukup tinggi, meski pandemi Covid-19 belum berhenti. “Sampai pekan kemarin, sudah ada 351.247 wisatawan yang telah berkunjung ke 182 objek wisata. Ini cukup menggembirakan,” katanya.

Sekretaris Disbudpar Jatim, Bagus Sasmito menambahkan, dari ratusan objek wisata yang ada, destinasi wisata alam paling banyak diminati. Kondisi berbeda terjadi pad destinasi wisata buatan.

“Tapi sudah lumayan. Jatim Park di Batu dan Cimory di Pasuruan sudah ramai, meski tak sebanyak sebelum Covid-19,” katanya.

Karena pandemi Covid-19 belum hilang, pihaknya mengimbau pengelola objek wisata untuk tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebab, pihaknya tidak ingin ada klaster baru penyebaran Covid-19 di objek wisata itu.

Atas alasan itu, khusus untuk wisata yang menghadirkan massa, seperti atraksi atau gelaran budaya, masih dilarang buka. “Kami tidak ingin kecolongan. Sebab, risikonya besar,” ujarnya.


Editor : Ihya Ulumuddin