11 Maling Kendaraan Bermotor Antarprovinsi Dibekuk, 2 di Antaranya Ditembak

Hari Tambayong ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 18:45 WIB
11 Maling Kendaraan Bermotor Antarprovinsi Dibekuk, 2 di Antaranya Ditembak
Direskrim Um Polda Jatim, Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie saat ekspos kasus di Mapolda Jatim. (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id - Tim Jatanras Polda Jawa Timur (Jatim) membekuk komplotan pencuri sepeda motor bersenjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam). Dua pelaku di antaranya terpaksa dihadiahi timah panas lantaran melawan petugas.

Sebanyak 11 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) antar provinsi ditangkap. Para pelaku dikenal sadis saat beraksi dan tak segan-segan melukai korbannya jika melawan.

Selain para pelaku, polisi juga berhasil mengamankan enam senpi beserta amunisi, celurit, satu set kunci leter T, handphone serta mobil dan motor hasil kejahatan.

Menurut catatan polisi, komplotan pelaku curanmor ini tidak saja beroperasi di wilayah Jatim, namun juga mencari sasaran di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Direskrim Um Polda Jatim, Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie mengatakan peran 11 orang ini berbeda-beda. Mulai dari pemetik, penadah dan eksekutor. Selain mobil dan motor, komplotan ini juga menyasar kendaraan truk jenis engkel.

“Sasarannya, mobil yang parkir di depan rumah serta membegal saat korban mengendarai kendaraan sendirian,” katanya ssaat ekspos kasus di Mapolda Jatim, Kamis (26/3/2020).

Pitra menambahkan, komplotan ini juga pandai merakit senjata api. Senjata rakitan mereka ini bisa mematikan korban.

“Ini kalau kena orang pasti mati,” katanya.

Polisi kini masih mengembangkan penyidikan untuk mengungkap jaringan lain dari komplotan ini.


Editor : Umaya Khusniah