10 Pemuda di Malang Diamankan karena Diduga Lakukan Aksi Vandalisme

Saif Hajarani ยท Senin, 13 April 2020 - 20:36 WIB
10 Pemuda di Malang Diamankan karena Diduga Lakukan Aksi Vandalisme
10 pemuda diamankan polisi karena diduga melakukan aksi vandalisme. (Foto: iNews/Saif Hajarani)

MALANG, iNews.id – Sebanyak 10 pemuda diamankan petugas dari Polres Malang, Jawa Timur (Jatim) karena diduga melakukan aksi vandalisme kalimat provokasi pembubaran negara di fasilitas umum. Aksi vandalisme dilakukan lantaran mereka tidak sepakat dengan kebijakan penanganan kasus Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah selama ini.

Para pelaku yang diduga anggota dari kelompok Anarko ini diperiksa di Ruang Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Malang. Mereka ditangkap di daerah Lawang, Minggu (12/4/2020).

Sebelumnya, mereka diduga melakukan aksi vandalisme dengan menuliskan sebuah kalimat provokasi di dinding Underpass Karanglo, Singosari.

Tulisan di dinding underpass itu berisi tuntutan pembubaran negara serta rakyat tidak butuh negara. Dari informasi yang berkembang, kelompok anarko akan turun jalan pada 18 April pekan depan guna mengkritik kebijakan pemerintah terkait pola penanganan wabah Covid-19.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan polisi mendapati tulisan provokasi tersebut pada Jumat (10/4/2020).

“Polisi akan lebih menggiatkan patroli dan upaya untuk mengamankan kegiatan kumpul-kumpul yang mengarah pada kegiatan Anarko,” katanya.

Kini, 10 pemuda tersebut masih berstatus saksi dan masih dalam pendalaman. Polisi masih berusaha mengungkap jaringan lain dari kelompok anarko ini.


Editor : Umaya Khusniah