Pesawat TNI AL yang jatuh di Selat Madura. (Foto: Istimewa)
Rizky Agustian

SURABAYA, iNews.id - TNI AL mengungkap kondisi pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura, Jawa Timur, Rabu (7/6/2022). Pesawat latih tersebut tidak dilengkapi kursi pelontar.

"Jenis pesawat ini memang pesawat latih yang juga sebagai pesawat transportasi, tidak dilengkapi dengan kursi lontar," kata Danpuspenerbal Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan dalam konferensi pers.

Adapun titik lokasi jatuhnya pesawat latih tersebut berhasil ditemukan melalui citra sonar kapal penyelamat TNI AL. Posisinya berada di kedalaman 10-15 meter di bawah permukaan laut.

"Memang secara gambar yang ada di sonar itu bentuknya hanya siluet, masih terlihat bentuk pesawatnya di kedalaman 10-15 meter," ucap Dwika.

Meski begitu, dia belum bisa memastikan kondisi dua awak yang berada di dalam pesawat saat kecelakaan terjadi. Kepastian itu baru bisa diperoleh setelah TNI AL menurunkan tim penyelam.

Sementara, penyebab kecelakaan tersebut hingga saat ini masih didalami.

"Kita akan menurunkan tim investigasi setelah pesawat ditemukan," ucapnya.

Diketahui, pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di Selat Madura, Jawa Timur, pada Rabu (7/6/2022). 

Pesawat itu terjatuh saat melakukan latihan antiserangan udara. Dalam latihan itu, pesawat tersebut berperan sebagai penyerang.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT